Hindari Aplikasi Menggoda di Jejaring Sosial

9 Mar

Dengan meningkatnya pengguna internet melakukan aktivitas di jejaring sosial, maka meningkat pula serangan para spammer yang berusaha memanfaatkan jalur tersebut dan berusaha mengambil alih informasi pengguna. Berbagai cara dilakukan spammer dalam upaya merebut alih informasi dari jejaring sosial, termasuk penggunaan toolkit berbahaya sebagai penyebaran spam seperti Tinie, Arber, fbexpert, dan NeoApp.

CHIP Online - Hindari Aplikasi Menggoda di Jejaring Sosial

Toolkit dan skrip dilakukan dengan pertukaran melalui jalur forum, bahkan terdapat pula tips dalam penggunaannya agar pengguna dapat dengan mudah dikelabui. Tentu saja bukan secara otomatis seperti fitur ‘Like’ pada jejaring sosial Facebook, namun seiring dengan perkembangan jaman, toolkit yang digunakan spammer menjadi semakin bervariasi dan canggih.

CHIP Online - Hindari Aplikasi Menggoda di Jejaring Sosial

Toolkit seperti Tinie dan Arber digunakan dari beberapa skrip PHP yang dapat menghasilkan aplikasi Facebook. Sekali pengguna telah menginstal aplikasi ini dan memberikan ijin sebagai aksesnya, maka sebuah panel administrasi akan digunakan pelakunya untuk mengirimkan berbagai macam pesan secara acak yang dapat menyebarkan informasi spam. Rekan dan kerabat yang terhubung dengan pengguna yang telah didapatkan informasinya oleh spammer, secara otomatis skrip tersebut dapat dengan mudah tersebar dengan cepat. Ini merupakan sebuah cara alat pemasaran yang sah, tapi juga dapat menjadi pemasaran berbahaya dikarenakan informasi yang disebarkan bertujuan untuk menipu pengguna lain.

CHIP Online - Hindari Aplikasi Menggoda di Jejaring Sosial

Penyebaran tidak berhenti hingga itu saja, informasi berisikan data pribadi pengguna jejaring sosial dapat disalahgunakan, bahkan alamat email pribadi pengguna dapat digunakan untuk pengiriman spam secara tradisional. Hal ini tentu saja dapat menghasilkan pengiriman email spam yang lebih meyakinkan siapapun yang terhubung dengan email yang telah dibajak oleh spammer. Tentu saja cara ini bertentangan dengan kebijakan Facebook yang menyalahgunakan data pribadi pengguna, dengan kata lain, aplikasi tersebut juga melanggar kebijakan.

CHIP Online - Hindari Aplikasi Menggoda di Jejaring Sosial

Symantec berupaya menghentikan penyalahgunaan informasi data diri pengguna dengan memangkas setiap harinya link-link ataupun aplikasi berbahaya yang mungkin saja menjadi upaya penipuan spammer. Volume penyebaran dapat ditekan dengan mewaspadai setiap aplikasi maupun link yang dianggap oleh Symantec merupakan jalur berbahaya. Pengguna sebaiknya tidak tergoda untuk menginstal aplikasi dengan tampilan gambar lucu ataupun gambar yang menggoda. Baik dari jejaring sosial maupun dati email rekan Anda sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna berpikir dua kali untuk mengakses alamat url yang meragukan ataupun aplikasi pada jejaring sosial yang tidak pasti agar terhindar dari serangan ini.

Sumber: chip

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: